Mak Comblang

Senin, 15 Oktober 2012 gusmel riyadh


Lakon TeaterMAK COMBLANG
Adaptasi dari “The Marriage”Karya Nikolai Gogol



Sebuah adaptasi dari “The Marriage”
Karya Nikolai Gogol ( 1809 – 1852 )
Terjemahan Asrul sani dan Teguh Karya Praktek Comblang merupakan hal yang amat lumrah dimana saja di dunia ini, bahkan pada abad modern sekarang ini. Gogol menyindir dengan keras praktek Comblang semacam itu, juga orang-orang yang mabuk kekayaan, feodalisme dan mabuk
kekuasaan.

“Mak Comblang” menggambarkan segala macam tingkah manusia, orang-orang yang ambisius, angkuh, sok priyayi, kenes dan mmbanggakan diri secara berlebihan, serta orang yang kehilangan akal sehatnya karena haus kekayaan. Mereka menganggap perkawinan hanyalah transaksi dagang yang selalu harus memperhitungkan untung dan rugi secara materi.


DRAMATIC PERSONAE


  1. - Akhmadin Akhmad
  2. - Karta
  3. - Karim
  4. - Ny. Eliya
  5. - Tigor
  6. - Rd.Tatang Serabi
  7. - Arjuna
  8. - Ambarita Ruwanti
  9. - Arina
  10. - Siti



B A B A K I

SEBUAH KAMAR BUJANGAN. AKHMAD SEDANG BERBARING DI DEPAN SEORANG
DIRI.

AKHMAD 
Kupikir ini suatu kemestian. Pikir punya pikir aku sampai pada satu keputusan, bahwa seseorang mesti kawin. Orang tak bisa terus membujang seperti ini. Bikin bosan ! Aku memang kelewatan. Aku biarkan waktu nyelonong begitu saja. Pembicaraan pertama sudah lama banget
dilakukan. Mak Comblang sudah datang tiga bulan yang lewat. Betul- betul
aku mesti malu sama aku punya diri.

( Memanggil )

Karta !

( Karta Masuk )

Di mana itu Mak Comblang, Karta?

KARTA
 Nyonya Elya tuan ?

AKHMAD 
Nyonya Elya, tentu. Apa pagi ini dia tidak datang ?

KARTA 
Tidak, tuan.

 PAUSE

AKHMAD 
Kau sudah pergi ke tukang jahit ?

KARTA 
Sudah tuan.

AKHMAD 
Dia sudah bikin aku punya yaas ?

KARTA 
Ya, tuan.

AKHMAD 
Hampir rengse ?

KARTA 
Dia sedang kerjakan tuan punya lubang kancing.

AKHMAD 
Aku kira dia pasti bertanya; ”Tuan Akhmad mau kawin, toch?”.

KARTA 
Tidak, tuan.

AKHMAD 
Lantas apa yang dikatakannya ?



klik di sini untuk download naskah teater selengkapnya
  Download Naskah Ini