Kursi Goyang

Selasa, 07 Juni 2011 gusmel riyadh

Lakon pendek Samuel Beckett
KURSI GOYANG

Lampu:
Di atas kursi lemah. Sekitar panggung lain gelap. Cahaya lampu spot lemah di atas wajah konstan terus menerus. Tak berpengaruh oleh cahaya memudar berturut-turut. Baik ketika melebar sampai batas-batas pada kursi atau menyempit hanya terfokus pada wajah ketika sedang diam atau tengah bergerak. Lalu sepanjang narasi wajah sedikit bergoyang keluar masuk cahaya.
Diawali cahaya menegas (Fade up): pertama hanya lampu pudar pada wajah, diam lama, lalu cahaya di atas kursi. Diakhiri cahaya memudar (Fade out): pertama kursi, lama diam dengan titik cahaya hanya pada wajah, kepala pelan-pelan terkulai, dalam istirahat, titik cahaya pudar pada wajah menghilang.
W:
Tua sebelum waktu. Rambut abu-abu tidak disisir, mata besar pada wajah putih tanpa ekspresi. Tangan-tangan putih memegang ujung lengan kursi.



Mata:
Sesekali menutup, membuka tanpa berkedip. Pada bagian 1 proporsi dalam keadaan biasa, pada bagian 2 dan tiga sedikit demi sedikit mengatup, setengah jalan menuju bagian 4 mata tertutup terus.

Busana:
Baju tidur warna hitam leher berenda tinggi. Lengan panjang. Sinar perhiasan berkelip ketika bergoyang. Tudung kepala tipis miring tidak biasa dengan hiasan mewah menangkap cahaya ketika bergoyang.

Sikap:
Tetap diam hingga cahaya menghilang dari kursi. Lalu di dalam cahaya lamu spot kepala pelan-pelan condong.

Kursi:
Kayu politer pucat berkilat ketika bergoyang. Penunjang kaki. Belakang vertical. Lengan-lengannya menikung bulat ke dalam, member kesan memeluk.

Goyangan:
Ringan. Pelan. Terkontrol secara mekanis tanpa bantuan dari w.

Suara:
Menjelang akhir bagian 4, katakana saja mulai dari kata-kata “berkata pada diri sendiri” dan seterusnya, berangsur-angsur melembut. Baris-baris dengan huruf miring diucapkan oleh w dan v. lebih melembut setiap waktu. W menyuarakan kata “lagi” sedikit melembut setiap waktu.

W: Perempuan di kursi
V: Suara w yang direkam



klik di sini untuk download naskah teater selengkapnya
Download Naskah Ini