Monolog Racun Tembakau (Oleh S. Jai)

Senin, 14 Juni 2010 gusmel riyadh

, RACUN TEMBAKAU
MONOLOG S. JAI


DISADUR DARI ON THE HARMFUL EFFECTS OF TOBACCO KARYA ANTON CHEKOV ATAS TERJEMAH JIM ADHI LIMAS

***************************************************************


Sinopsis


HARMAN seorang suami berumur, bercambang panjang tapi dipingit. Dia perokok berat dan selalu merasa tertekan oleh istrinya—seorang pekerja atas nama sosial dan amal yang punya sekolah musik partikelir dan indekos buat anak perempuan.
Saat ini Harman diminta istrinya untuk ceramah ”Bahaya Racun Tembakau” di sidang komunitas ilmiah.
Tugas ini bukan soal buat Harman, apalagi ia telanjur tahu bahaya asap rokok. Namun masalah justru ada pada Harman, ketika ternyata ia selalu gagal berceramah. Ada kekuatan diluar kendalinya yang mendesak bawah sadar Harman untuk membocorkan kebenciannya pada istrinya. Karena hanya dengan itu ia menemukan jalan pembebasan dari segenap gurita hidup yang membelit kesehariannya. Sekaligus mengurai pengakuannya bahwa istrinya telah meracuni jiwanya, seperti halnya rokok meracuni hidupnya. Rokok itu seperti istri, atau istri itu seperti rokok. Entahlah mana yang benar?
Harman jelas mendamba kebebasan dan hidup yang bersih seperti kertas putih.
Barangkali dia sekadar tokoh penganjur yang jujur, tapi tidak pada dirinya sendiri. Demikianlah, tampaknya menjadi penganjur adalah kepribadian paling mutakhir manusia masa kini untuk selamat meski hal itu bukanlah hidup yang sebenar-benarnya bagi dia. Hidup yang serba palsu.



Download Naskah Ini