Mencari Keadilan (Terjemahan W.S. Rendra)

Selasa, 25 Januari 2011 gusmel riyadh

berikut ini adalah naskah drama mencari keadilan hasil terjemahan W.S. Rendra dari sebuah karya Bertolt Brecht
MENCARI KEADILAN
Karya Bertolt Brecht - Terjemahan W.S Rendra

Tokoh-Tokoh:

  1. Hakim A
  2. Inspektur
  3. Jaksa
  4. Pengawal
  5. Babu
  6. Hakim B

BULAN JANUARI YANG BERKABUT. NAMPAK DARI JENDELA SUASANA UDARA PAGI YANG MURUNG. LAMPU GAS YANG BUNDAR MASIH MENYALA. HAKIM A MEMAKAI JUBAHNYA. PINTU DIKETUK ORANG

HAKIM A
Ya, masuk (inspektur polisi masuk)

INSPEKTUR
Selamat pgi, Yang Mulia

HAKIM A
Selamat pagi Herr Tallinger. Saya minta anda dating karena saya ingin menanyakan soal Gold Schimt, Kellner dan Gaunitser. Saya mengaku bahwa persoalan ini tidak jelas bagi saya. (isnpektur tidak menjawab) menilik gawatnya persoalan dan huru-hara yang timbul akibat peristiwa ini maka tentunya pihak S.A telah mengadakan penyelidikan bukan? (inspektur mengangkat bahu) Inspektur Tallinger, saya akan merasa berterima kasih seandainya anda mau memberikan kesimpulan mengenai peristiwa ini sebelum pengadilan saya buka. Itu bias anda lakukan bukan?

INSPEKTUR (berbicara seperti mesin)
Pada tahun yang lalu, pada tanggal 2 Desember pada jam 08.15 di waktu pagi hari, tiga orang anggota S.A, Schimt, Kellner dan Gaunitser, menyerang masuk kedalam toko perhiasan Khun di jalan Fredrik, bertukar jawab beberapa kata, dan melukai Khun, yang berumur lima puluh empat tahun, di bagian belakang kepalanya. Peristiwa ini juga bencana materiil seharga kira-kira 11.000 Mark. Penyelidikan polisis yang dikerjakan pada tanggal 7 Desember, pada tahun yang lalu membuktikan bahwa….

HAKIM A
Tallinger yang terhormat, semua itu telah tertulis dalam laporan ini. (dengan jengkel ia menunjukkan pada laporan yang Cuma terdiri dari selembar kertsa folio). Seumur hidup saya belum pernah melihat laporan yang sesingkat dan seceroboh ini. Dan tidak lagi ada embel-embel lagi yang diajukan kepada saya ini. Baiklah, jadi semuanya sudah tertulis disitu. Saya harap bahwa anda rela menjelaskan latar belakang dari persoalan ini.
......................




klik di sini untuk download naskah teater
  Download Naskah Ini