Ibu Bumi

Minggu, 08 Mei 2011 gusmel riyadh

Naskah Lakon Remaja
IBU BUMI
Karya Candra Barong Harjanto



SUASANA PANGGUNG LENGANG, KASUR KAPAS DITENGAH PANGGUNG. SESEORANG (PEREMPUAN BIJAKSANA SETENGAH TUA) MENARUH LILIN/LAMPU MINYAK PADA POSISI DEPAN, POJOK-POJOK PANGGUNG, SAMBIL MENYEBAR BUNGA.

SESEORANG
Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara.
Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara.
Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara.
Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara.
Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara.
Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara.
Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara.
Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara.
Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara.



TIGA ORANG MASUK LALU-LALANG, BERKATA
tanah……air,……… udara……. tanah……air,……… udara……. tanah……air,……… udara……. tanah……air,……… udara……. tanah……air,……… udara……. tanah……air,……… udara…….(semakin lama semakin cepat. Seseorang mendekati kasur, membersihkan kasur, merapikan, kemudian menariknya pelan-pelan. )

SESEORANG
tanah…… kembalilah ke tanah.air…..kembalilah ke air, udara………kembalilah ke udara.{di ulang 3 kali }tanah,air,udara.kembalikan aku kepadanya,sang pencipta.

TIGA ORANG
Bolehkah aku bertanya?

ORANG 1
eeeeee…..bo…..bo…..bolehkah aku bertanya, siapa kamu, ada sesuatu yang indah, sangat menarik darimi.

ORANG 2
Dari manakah kamu?

ORANG 3
Aku melihat orang-orang lalu lalang, tanpa tegur sapa. Seperti berhala-berhala yang minta dipuja-puja, apa itu yang disebut keramahan?

ORANG 1
Aku merindukan keteduhan jiwa.

ORANG 2
Aku mencarinya, berhari-hari, bulan, tahun, dan berabad-abad

ORANG 3
Siapa kamu, aku melihat sesuatu nasihat yang terukir dari surga,nasihat cinta

ORANG 1
Apakah kamu tanah………

ORANG 2
Kamukah air………

ORANG 3
Barang kali kamu tanah, air, udara, semuanya ada padamu

SESEORANG
Aku cinta, aku dari cinta, tempat kamu barasal dan akan kembali

TIGA ORANG
Aku cinta, aku dari cinta, tempat aku berasal dan akan kembali

SESEORANG
Orang-orang mulai lupa, dari mana mereka berasal dan kemana akan kembali. Orang-orang tinggalkan agama, orang-orang lupa Tuhannya.

TIGA ORANG
Aku cinta, aku cinta, betapa indah aku, aku cinta, akulah makna….

SESEORANG
Ya, Bila cinta adalah nafasmu
Aku ingin melarutkan diri di etiap detak jantung
Di saat helaan nafas sedih dan gembiramu
Aku ingin mengenang, bahwa udara mengawali cinta
Entah apa, dimana, bagaimana?
Aku ingin mengikuti jejak yang kau sunting lewat tanah
Menyemai benih kerinduan
Bila aku penguasa cinta
Akan aku berikan kasih dan sayang pada orang
Yang tulus memaknainya dengan keabadian
Agar yang terberai bisa bersatu

ORANG 1
Kamukah perempuan yang ku cari?

ORANG 2
Aku selalu mengenang dan merindukanmu



klik di sini untuk download naskah teater selengkapnya
Download Naskah Ini