Hara Kiri - Monolog

Selasa, 31 Juli 2012 gusmel riyadh


 MONOLOG: HARA-KIRI (SEPPUKU)


Diangkat dari puisi Mineko Ohkami, Puisi Kematian
Naskah Zohri Junedi


DITENGAH PANGGUNG DUDUK SESEORANG TUA, DIAM, PENUH PENYESALAN, DULUNYA IA PEJUANG BANGSA, TAPI SEKARANG IA HANYA SEORANG PENGKHINAT ATAS DIRI SENDIRI

Puisi kematian ini kupersembahkan untuk diriku
Aku yang mendambakan ajal
Aku yang menantikan saat jiwaku menghilang
Aku yang menantikan saat jiwaku menghilang dari dunia ini

Puisi kematian kupersembahkan ini untuk diriku
Aku yang telah memenggal kepalaku sendiri
Aku yang berkali-kali mengarahkan pedang ke leher ini
Aku yang telah banyak membunuh bangsaku sendiri untuk melampiaskan perasaanku


MENGAMBIL SECARIK KERTAS DAN PENA, BERDIRI DAN MULAI MENULIS

Puisi kematian ini kutulis untuk diriku
Aku yang adalah kumpulan berbagai sampah
Aku yang telah diberikan nyawa oleh orang lain
Aku yang sudah menghancurkan berbagai tubuh dan jiwa yang diberikan padaku

Puisi kematian ini kutulis untuk diriku sendiri
Aku yang berpura – pura membenci semua orang
Aku yang disayangi semua orang
Aku yang takut kehilangan kehangatan yang telah diberikan padaku

KEMBALI TERDUDUK SAMBIL MENAHAN BULIR-BULIR AIR MATA,

Puisi kematian ini kutulis untuk dia yang paling kusayangi




klik di sini untuk download naskah teater selengkapnya
  Download Naskah Ini