Anak Wayang

Selasa, 08 Oktober 2013 gusmel riyadh


Naskah teater
Anak Wayang
Karya  M. J. Widjaya



BABAK I

SENJAPUN MENGHAMPIRI DESA KENOK, MASUT SEDANG DUDUK DUDUK
DI BALAI BAMBU DENGAN RUGUNYA

MASUT
Guru, terimakasih banyak atas ilmu yang berikan kepadaku, apalah artinya diriku andai
tidak ada guru.

GURU
Masut, masut! Kamu harus tahu, barang siapa seseorang mempunyai ilmu walaupun
sedikit harus diberikan kepada orang lain.

TIBA TIBA ISTRI MASUT MEMBAWA TEH HANGAT

ISTRI MASUT
Akan lebih baik kalau mengobrol sambil meminum teh hangat

GURU
Bisa saja istri kamu!

TIBA TIBA MUNCUL TIGA ORANG PENGAWAL KERAJAAN

PENGAWAL 1
Maaf, guru! Ada perintah dari paduka raja yang harus saya beritahukan kepada guru


GURU
Katakanlah!

PENGAWAL 1
Paduka raja perintahkan guru agar memberantas pemberontak di wilayah tetangga,
karena banyak warga yang menderita dan mati

MASUT
Guru, perkenankan hamba yang pergi ke medan perang, karena sudah saatnya saya
mengabdikan diri hamba untuk negara dan bangsa ini

GURU
Baiklah!

GURU DAN TIGA MEMUNGGU DI HALAM DEPAN, MASUT DAN ISTRINYA
DUDUK DI BALAI BALAI BAMBU, ISTRINYA MENANGIS

ISTRINYA
Kamu akan meninggalkan aku sendiri, kamu rela meninggalkan aku

MASUT
Tidak usah menangis dan bersedih! Aku akan kembali

ISTRINYA
Bagimana aku tahu kalau kamu selamat atau tidak

MASUT

Kau akan tahu aku selamat atau tidak








klik di sini untuk download naskah teater selengkapnya
  Download Naskah Ini
apabila Anda mengalami kesulitan dalam mendownload naskah drama ini, silakan hubungi admin via email: melonmanalagi@gmail.com